Server Down Lagi dalam Proses Repair >> thanks

Diberdayakan oleh Blogger.

Judul Posting Anda Disini

Nama anda atau Author disini

Tulis sebagian postingan anda disini

Judul Posting Anda Disini

Nama anda atau Author disini

Tulis sebagian postingan anda disini

Judul Posting Anda Disini

Nama anda atau Author disini

Tulis sebagian postingan anda disini

Senin, 17 Januari 2011

Insert Sim [solved]

Sebuah tips dan trik dari repair handphone akan saya coba paparkan semoga dapat membantu semua problem teman-teman pada kasus insert sim untuk handphone nokia 1600, 2310, 6100, 3220, 1110, 1661 dan lainnya atau pada kasus DCT4, sebenarnya ini juga berlaku pada semua handphone.

Intinya bagaimana kita menganalisa kerusakan itu sendiri sehingga pada proses pengerjaan atau perbaikan ponsel tidak mengakibatkan resiko yang fatal. Ok kita mulai saja tips dan trik nya :

Solusi insert sim pada handphone khususnya pada nokia 1600, 2310, 6100, 3220, 1110, 1661 dan lainnya [DCT4] sebagai berikut :
1. Sebelum kita memvonis bahwa kerusakan pada kasus masukkan sim itu pasti IC sim card yang bermasalah ada baiknya kita mengukur tegangan Vsim lebih dahulu dan mengukur capasitor [C] di jalur Vsim apakah short atau tidak.
2. Apabila kasus masukkan sim setelah kita ukur capasitor [C] terjadi shot maka langsung di ganti saja atau dibuang saja, sampai disini sudah pasti problem insert sim sudah selesai.
3. Namun apabila capasitor [C] tidak terjadi short langkah berikutnya silahkan ukur konektor sim dengan menggunakan avo meter apakah terjadi short antara satu dengan yang lain ? Bila terjadi short sudah dipastikan bahwa IC sim card rusak dan harus di ganti atau di jumper
4. Bila tidak terjadi short pada kaki konektor sim card, silahkan ukur kembali kaki konektor sim card di hubungkan dengan ground masih menggunakan avo meter. Prob merah [+] di tempatkan pada ground Hp dan prob hitam di gunakan untuk mengukur kaki konektor sim card.
5. Apabila setelah di ukur resistansi pada avo meter pada skala 10x jarum naik kurang lebih di angka 4 itu pertanda ic sim card bagus, namun bila ada kaki konektor pada saat di ukur jarum avo meter tidak menunjukkan + angka 4 sudah pasti ic sim card rusak harus di ganti atau di jumper [catatan : ada satu kaki konektor yang tidak berfungsi atau no connect / nc silahkan lihat di skema].
6. Solusi terakhir silahkan ukur Vsim dari hp tersebut dengan menggunakan avo meter digital, tegangan yang keluar dari Vsim sebesar 1,8v / 3v, bila tidak ada tegangan keluar langsung jumper saja dari tegangan Vflash1 ke tegangan Vsim.
Untuk lebih jelas silahkan di lihat gambar berikut solusi insert sim :

yang di lingkari merah [C] silahkan di buang bila terjadi short

Gambar diatas adalah tips trik jumper ic sim card
Semoga berguna ;)

0 komentar:

free counters PageHeat Ping your blog, website, or RSS feed for Free

  © Free Blogger templates The Robotic by Kang Oemar templates 2009

Kembali Ke : ATAS