Server Down Lagi dalam Proses Repair >> thanks

Diberdayakan oleh Blogger.

Judul Posting Anda Disini

Nama anda atau Author disini

Tulis sebagian postingan anda disini

Judul Posting Anda Disini

Nama anda atau Author disini

Tulis sebagian postingan anda disini

Judul Posting Anda Disini

Nama anda atau Author disini

Tulis sebagian postingan anda disini

Rabu, 11 Mei 2011

Seputar Tentang iTunes [Tutorial]

Dalam posting kali ini saya akan menjelaskan fitur-fitur yang ada di iTunes 9 ketika iPhone dikoneksikan ke komputer. Tujuan utama menghubungkan iPhone ke iTunes adalah untuk memback up data dan juga mengambil data-data yang ada di komputer dan dimasukan ke iPhone. Data apa saja yang bisa dimasukan? Antara lain contact information, ini termasuk nama, nomor telp, nomor handphone, e-mail, dan semua informasi yang berhubungan dengan contact tersebut. Lalu aplikasi iPhone termasuk data yang ada di aplikasi tersebut, tetapi tidak termasuk aplikasi dari Cydia bagi iPhone yang sudah di Jailbreak, contohnya jika anda memiliki aplikasi iPhone untuk menyimpan foto atau pun video, ketika aplikais ini diback up ke itunes maka semua data yang ada di aplikasi tersebut akan ikut terback up ke iTunes. Kemudian Note atau catatan yang dibuatkan di iPhone, foto yang diambil dengan kamera iPhone, musik mp3 maupun video, dan lain-lain.
Keuntungan kita melakukan back up ke iTunes adalah untuk menjaga data-data yang ada di iPhone tidak hilang. Dan jika suatu saat iPhone anda mengalami masalah dan harus di-restore ulang, maka back up data yang ada di iTunes seperti yang saya sebutkan tadi, bisa dimasukan kembali ke iPhone.
Pertama-tama kita memerlukan iTunes versi 9, silakan download di apple.com. Dan lakukan penginstalan sampai selesai. Jika sudah selesai, jalankan iTunes. Berikut ini tampilan iTunes yang sudah memiliki aplikasi iPhone di dalamnya:
01_iTunes
Lalu koneksikan (sambungkan) iPhone ke komputer, jika pop up windows seperti di bawah ini muncul, klik Cancel saja.
02_Cancel

Summary Tab
Kemudian klik tulisan iPhone tepat di bawah DEVICE di sebelah kiri iTunes. Jika sudah pernah melakukan koneksi iPhone ini sebelumnya ke iTunes tersebut, maka tampilannya sebagai berikut:
03_Click_iPhone

Pada tab Summary ini akan ditampilkan nama iPhone yang biasanya merupakan nama pemiliknya, kapasitas iPhone, firmware yang terpasang, serial number, dan nomor telepon di iPhone tersebut.  Nama iPhone diberikan pertama kali iPhone tersebut terkoneksi ke komputer. Jika anda perlu menggantikannya, silakan klik dua kali di nama iPhone yang muncul di sebelah kiri layar, tepat di bawah tulisan DEVICES.
04_change_name_iPhone
Jika ada firmware yang lebih baru, iTunes akan menampilkannya di sini. Hati-hati bagi iPhone yang jailbreak, jangan pernah mengklik tombol Update. Karena bisa menyebabkan iPhone anda hanya berfungsi layaknya iPod touch, alias tidak bisa dipakai untuk menelpon lagi karena ter-lock atau tidak akan bisa di jailbreak lagi. Selalu gunakan tombol Restore, jika berminat meng-update ke versi firmware yang lebih baru, tetapi anda harus mendownload terlebih dahulu firmware yang lebih baru tersebut.
05_ New_Version
Lalu di bagian paling bawah ada keterangan tentang kapasitas iPhone terpakai buat apa saja dan berapa sisa yang masih bisa dipakai.
06_capacity

Info Tab
Sekarang kita lanjutkan ke tab Info. Di sini berisi contact, calendar, note, dan e-mail account setting yang bisa di synchronize antara iPhone dan komputer atau dengan kata lain, data-data yang sudah ada di komputer, misalnya di Microsoft Outlook, bisa dipindahkan ke iPhone.
07_info_tab
Mobile Me
Sebuah service berbayar yang disediakan oleh www.me.com untuk melakukan synchronization data antar device dan mengakses data melalui web site. Antara lain data e-mail, contact, calendar, dan photo. Contohnya anda menambah event di calendar melalui komputer, event tersebut akan diupdate ke server me.com, lalu anda bisa mengakses update tersebut melalui iPhone. Untuk lebih jelas anda bisa langsung mencoba, disediakan gratis untuk 60 hari.
08_mobileme
Contact
Dalam contoh berikut contact yang ada di Iphone di-synchronize dengan contact Ms Outlook di komputer. Jika ada contact baru ditambahkan di iPhone atau di Ms Outlook, contact tersebut akan ter-update baik di iPhone maupun di Ms Outlook.
09_contact
Selain dengan Ms Outlook, contact di iPhone juga bisa di-synchronize dengan Google Contacts, Windows Address Book, atau Yahoo! Address Book. Jika menggunakan Google atau Yahoo! maka harus dibuatkan account terlebih dahulu.
10_contact_sync
Calender
iPhone memiliki fasilitas kalender yang bisa di-synchronize dengan kalender di Ms Outlook.
11_Calender
Web Browser
iPhone memiliki aplikasi Safari yang digunakan untuk browsing internet. Jika anda menggunakan Internet Explorer untuk menyimpan bookmark di komputer, semua bookmark tersebut bisa ditransfer ke iPhone.
12_bookmark
Note
Note atau catatan yang ada di iPhone juga bisa di-synchronize dengan note yang ada di Ms Outlook. Sehingga anda bisa dengan mudah mengakses note yang anda buat di iPhone melalui komputer atau menambahkan note baru melalui komputer lalu mentransfer ke iPhone.
13_note
Mail Accounts
Jika ada e-mail account di Ms Outlook dan ingin di synchronize ke iPhone, bisa menggunakan opsi ini. Hanya e-mail setting saja yang akan di update ke iPhone, password e-mail dan e-mail masuk di Inbox tidak akan dimasukan ke iPhone.
14_mail
Advanced
Advanced setting ini digunakan untuk menggantikan data di iPhone dengan yang ada di komputer. Data-data yang dimaksud adalah Contacts, Calendar, Bookmark, Note, dan Mail Account. Contoh kasus setting ini diperlukan ketika iPhone selesai di restore atau upgrade firmware ke versi terbaru. Sekali lagi perlu diingat bahwa semua data di iPhone akan hilang dan digantikan dengan yang ada di komputer. Jika ada data yang baru anda tambahkan di iPhone dan mau data tersebut tidak hilang, jangan gunakan setting advanced ini.
15_advance

Application Tab
Di sini kita bisa mengatur aplikasi apa saja yang hendak dimasukan ke iPhone. Pastinya aplikasi tersebut sudah di install di iTunes terlebih dahulu. Check (centang) Sync Application lalu check di masing-masing aplikasi yang hendak dimasukan ke iPhone. Secara default akan di-check semua, jika ada yang tidak mau dimasukan silakan di-uncheck. Ketika nanti mau dimasukan lagi, bisa di-check kembali. Contoh kasus misalnya ada beberapa aplikasi khusus dewasa yang anda tidak ingin terlihat untuk sementara waktu ketika anda mengunjungi calon mertua.
16_application

Ringtones Tab
Di sini akan ditampilkan semua ringtone yang ada di iTunes dan kita bisa memilih ringtone mana saja yang ingin dimasukan ke iPhone. Dalam contoh berikut terlihat bahwa semua ringtone akan dimasukan ke iPhone.
17_ringtone

Music Tab
Di music tab ini kita bisa mengatur untuk memasukan semua musik yang ada di iTunes Library ke iPhone (check Entire music library) atau memilih musik tertentu berdasarkan playlist, artist, atau genre (check Selected playlists, artist, and genres).
18_music

Movies Tab
Di movies tab kita bisa mengatur movies atau video yang ingin dimasukan ke iPhone. Jika diperhatikan dalam gambar contoh berikut ini, terlihat kebanyakan video tersebut merupakan music video, bukan movies / film. Hal ini karena ketika sebuah video clip lagu dikonversikan ke format video iPhone (mp4), lalu ditambahkan ke library iTunes, media kind yang diberikan secara default adalah Movie.
19_movies
Media kind ini bisa diganti dengan cara klik menu Movies di menu iTunes sebelah kiri, lalu klik kanan pada video tersebut, pilih Get Info, klik tab Option, lalu ganti media kind ke Music Video. Jika media kind diganti ke music video, video clip tersebut akan hilang dari daftar Movies dan dimasukan ke kelompok Music.
25_media_kind
Saya sendiri lebih tertarik menggunakan media kind Movies meskipun itu merupakan music video karena lebih memudahkan dalam mengatur music video yang mau saya tambahkan ke iPhone melalui tab Movies ini.

TV Shows, Podcasts, & iTunes U Tab
Berikutnya tab TV Shows, Podcast, dan iTunes U merupakan file-file multimedia baik audio maupun video yang memiliki media kind masing-masing berupa TV Show, Podcast, dan iTunes U. Dengan tipe-tipe media kind tersebut iTunes mengelompokan file multimedia ke dalam kelompoknya masing-masing. Hal ini akan memudahkan kita dalam mengatur file-file multimedia yang mana yang hendak dimasukan ke dalam iPhone.
22_itunes_u
Ada hal menarik di sini, yaitu iTunes U karena merupakan media edukasi baik berupa audio maupun video yang di share secara gratis (sebagiannya gratis) oleh universitas atau lembaga-lembaga pendidikan. iTunes U bisa diakses melalui iTunes Store, lihat gambar berikut ini.
23_itune_u_online

Photos Tab
Terakhir tab photos di mana anda bisa menambahkan foto-foto yang ada di komputer ke iPhone. Anda perlu membuatkan folder khusus terlebih dahulu di komputer yang akan di link ke iTunes, misalnya My Pictures. Lalu menempatkan semua foto-foto di dalam folder My Pictures. Boleh dibuatkan subfolder untuk lebih memudahkan dalam mengatur foto-foto tersebut.
24_photos
Foto-foto yang diambil dengan menggunakan kamera iPhone tidak akan tertampilkan di tab Photos ini. Foto-foto tersebut hanya bisa dipindahkan ke komputer dengan menggunakan aplikasi tambahan, jika anda memiliki WiFi bisa menggunakan aplikasi iPhone bernama WiFiPhoto. Jika tidak memiliki WiFi jangan berkecil hati, bisa menggunakan Picasa (bukan Picasa Web Album, tetapi Picasa yang terinstall di komputer)

Catatan Lain
Ingat selalu untuk klik tombol Apply di sudut kanan bawah setiap kali melakukan perubahan, jika sudah melakukan di semua tab, lalu klik tombol Sync.

Sumber

0 komentar:

free counters PageHeat Ping your blog, website, or RSS feed for Free

  © Free Blogger templates The Robotic by Kang Oemar templates 2009

Kembali Ke : ATAS